Info Sekolah
Senin, 22 Jul 2024
  • Selamat datang di SMP Islam Al Falah Rawalo. Salurkan donasi terbaik Anda Untuk Pembangunan Pondok Pesantren Al Falah Rawalo No. Rekening BSI : 2000999981 an. Pondok Pesantren Al Falah
  • Selamat datang di SMP Islam Al Falah Rawalo. Salurkan donasi terbaik Anda Untuk Pembangunan Pondok Pesantren Al Falah Rawalo No. Rekening BSI : 2000999981 an. Pondok Pesantren Al Falah
11 Juli 2017

Menumbuhkan Kreativitas Siswa SMP dalam Belajar di Era Digital

Sel, 11 Juli 2017 Dibaca 1725x

Kreativitas merupakan salah satu aspek penting yang harus dikembangkan pada siswa SMP agar mereka mampu berpikir out of the box dan mampu menghadapi tantangan di era digital. Era digital memberikan berbagai kemudahan bagi siswa untuk belajar dan mengeksplorasi berbagai hal. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam belajar di era digital. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas siswa SMP dalam belajar di era digital:

  1. Memberikan ruang untuk bereksperimen

Pendidik harus memberikan siswa ruang untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru. Hal ini akan membantu siswa merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam mencoba hal-hal baru. Memberikan siswa kesempatan untuk memilih topik dan metode pembelajaran yang mereka sukai juga akan membantu meningkatkan motivasi dan minat mereka dalam belajar.

  1. Mendorong kolaborasi

Kolaborasi dalam belajar dapat membantu meningkatkan kreativitas siswa. Pendidik dapat mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok atau tim untuk menyelesaikan tugas atau proyek. Dalam kolaborasi, siswa dapat saling bertukar ide dan pemikiran, sehingga muncul ide-ide kreatif yang baru.

  1. Menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran

Teknologi dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang efektif untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Pendidik dapat menggunakan berbagai aplikasi dan perangkat lunak yang kreatif dan interaktif, seperti video, podcast, dan animasi, untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

  1. Memberikan tantangan

Memberikan tantangan pada siswa juga dapat meningkatkan kreativitas mereka. Pendidik dapat memberikan tugas atau proyek yang menantang dan mengharuskan siswa untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menyelesaikannya. Dalam proses menyelesaikan tugas atau proyek tersebut, siswa akan mempelajari berbagai keterampilan dan strategi yang dapat meningkatkan kreativitas mereka.

  1. Mendorong eksplorasi

Pendidik dapat mendorong siswa untuk melakukan eksplorasi dan penelitian sendiri mengenai topik tertentu. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih terlibat dan mengembangkan kreativitas mereka dalam proses belajar.

Dalam rangka menumbuhkan kreativitas siswa SMP dalam belajar di era digital, pendidik perlu memberikan ruang untuk bereksperimen, mendorong kolaborasi, menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran, memberikan tantangan, dan mendorong eksplorasi. Dengan demikian, siswa akan menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam belajar, dan siap menghadapi tantangan di era digital.